BUSINESS PRACTICE 4


HOW TO ENTER MODERN MARKET



Kali ini saya akan membahas isi dari kuliah tamu perdana BP 4 yang berjudul “ HOW TO ENTER MODERN MARKET” Oleh : Bpk. Benaya Victorius JayaEkonomi membutuhkan modal berupa waktu, tenaga, dan modal.Ada 4 fungsi terpenting dalam Bisnis Yaitu :  
1.         HRD (Human Resources Management), yang memiliki banyak sekali tanggung jawab terhadap perusahaan untuk menjadikan perusahaan tersebut solid dan sukses , dalam hal ini HRD berperan sebagai penyedia tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan , karena dengan adanya SDM yang memadai akan membuat sebuah perusahaan tersebut semakin maju dan berkembang.
2.         Finance, nah untuk yang satu ini kita tak perlu membahasnya karena kita semua sudah tau bahwasannya untuk membuat sebuah perusahaan yang besar dan solid selain SDM yang mumpuni tentunya pendanaan perusahaan haruslah lancer tanpa kendala karena dengan terkendalanya dana maka dapat menghambat pula kesuksesan perusahaan.
3.         Marketing, menurut saya ini merupakan salah satu fungsi yang sangat penting pada perusaan manufaktur karena fungsi ini yang akan mempromosikan produk kita kepada konsumen tanpa adanya marketing yang baik maka produk tidak aka banyak terjual yang akhirnya dapat menibulkan kerugiaan perusahaan.
4.         Produksi merupakan salah satu fungsi bisnis yang sangat penting pada perusahaan manufaktur hal ini dikarenakan produksi mengatur flow chart dari produksi itu sendiri dan juga mengatur kwalitas serta kwantitas dari produksi , jadi dalam setiap produksi tidak boleh sembarangan dalam meakukan produksi karena dapat menyebabkan over stock maupun unders stock.
HOW TO ENTER MODERN MARKET ???
Modern Market sendiri mempunyai arti pasar yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Swasta, atau Koperasi yang dalam bentuknya berupa Pusat Perbelanjaan, seperti Mall, Plaza, dan Shopping Centre serta sejenisnya dimana pengelolaannya dilaksanakan secara modern, dan mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja dengan manajemen berada di satu tangan, bermodal relatif kuat, dan dilengkapi label harga yang pasti.

Kategori Produk – Produk yang ada di Modern Market :
1.         Grocery (Kebutuhan Sehari – hari)
a.       Beverages ( minuman )
b.       Cleaning ( bahan pembersih )
c.       Cosmetic ( kosmetik )
d.       Dry Groceries ( makanan )
e.       Perishables ( makanan berpendingin )
Syarat Produk Grocery antara lain :
1)     Memenuhi persyaratan sebagai produk yang aman konsumsi sesuai peraturan pemerintah yang terkait, misalnya PP no 69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan yang mewajibkan makanan dalam kemasan untuk mencantumkan pada kemasan:
a.       Nama Produk
b.       Berat / Volume
c.       Kode Depkes (MD, CD, ML, CL, SP)‏
d.       Komposisi
e.       Nama Produsen
f.        Tanggal Kadaluarsa, dsb
2)     Mematuhi peraturan dan perundangan mengenai hak intelektual, perpajakan serta norma-norma hukum dan sosial setempat.
3)     Barcode pada kemasan, tercetak maupun dikenakan kemudian.
2.         Fresh ( Makanan Segar )
a.    Salad bar ( makanan siap saji )
b.    Fishery ( hasil laut dan budidaya air tawar )
c.     Fruit dan vegetable ( buah dan sayuran )
d.    Bakery ( roti )
e.     Butchery ( hasil ternak )
3.         Bazaar
a.       DIY ( perlengkapan pertukangan dan peralatan listrik )
b.       Housekeeping ( perlengkapan rumah tangga )
c.       Culture (Musik, Film, Buku & Perlengkapan Kantor )
d.       Leisure (Mainan, Tas & Alat Olah Raga )
e.       Gardening (Peralatan, Perlengkapan Taman & Peliharaan )
f.        Cars (Perlengkapan Mobil & Motor )
Persyaratan Produk Bazaar antara lain :
1)      Memiliki persyaratan sebagai produk yang aman untuk digunakan sesuai dengan peraturan pemerintah yang terkait . Contoh :
a.       SNI (Standar Nasional Indonesia) contoh. Peralatan listrik, selang gas
b.       API (American Petroleum Institute) contoh. minyak pelumas
c.       IFPI code & lulus sensor contoh : VCD, DVD, CD
d.       PP No. 69 thn 1999 tentang label yang tercantum dalam kemasan berbahasa Indonesia
2)      Untuk produk plastik, melamin, dll harus sesuai dengan ketentuan pemerintah (Sucofindo).
3)      Pemasok menjamin bahwa barang dengan kondisi baik.
4)      Memberikan keterangan teknik yang menggambarkan kemampuan sesungguhnya barang tersebut (berat, isi / kapasitas produk).
5)      Barang yang memiliki kandungan bahan kimia harus sesuai dengan ketentuan pemerintah (contoh: parfum mobil).
6)      Seluruh barang harus asli dan dijamin oleh para pemilik barang.
7)      Pemasok wajib memberikan garansi purna jual untuk barang-barang yang bersifat elektronik.
8)      Mematuhi peraturan dan perundangan mengenai hak intelektual, perpajakan serta norma-norma hukum dan sosial setempat.
4.         Appliance (peralatan elektronik)
a.     Big Household (Peralatan Elektronik Rumah Tangga Utama )
b.    Small Household (Peralatan Elektronik Rumah Tangga Dapur/ Ruang Makan)
c.     Photo, Cine Optical (Camera, Peralatan Kantor, Jam, Telephone)
d.    TV Video ( Tv dan Video)
e.     Computers (computer dan notebook)
Persyaratan produk appliance antara lain :
1)      Memiliki persyaratan sebagai produk yang aman untuk digunakan dan terdaftar di peraturan pemerintah SNI (Standar Nasional Indonesia)‏
2)      Pemasok wajib memberikan garansi purna jual
3)      Pemasok wajib memiliki fasilitas pelayanan purna jual (service center)‏
4)      Mematuhi peraturan dan perundangan mengenai hak intelektual, perpajakan serta norma-norma hukum dan sosial setempat
5)      Memberikan keterangan teknik pemasangan,penggunaan dan pemeliharaan (buku petunjuk penggunaan) dalam Bahasa Indonesia.
5.         Textile
a.       Shoes
b.       Permanent
c.       Seasonal
d.       Household Linen
e.       Personal Accessories
Persyaratan produk textile yaitu merek yang dipakai telah mempunyai hak paten (Carvil,Executive,dll) atau tidak menjiplak merek yang sudah ada, kualitas bahan dan jahitan baik, ukurannya memakai standar internasional.
Syarat perdagangan (trading terms) adalah syarat-syarat dalamperjanjian kerjasama antara Pemasok dan Toko Modern yang berhubungan dengan pemasokan produk-produknya yang diperdagangkan dalam Toko Modern yang bersangkutan.
Modern market dari Aspek Konsumen :
1.       Memiliki konsep 
       1) harga kompetitif, 
       2) suasana belanja yang nyaman, 
       3) pilihan produk yang lengkap.
2.       Membantu meningkatkan daya beli dan akses untuk produk berkualitas bagi konsumen dengan menyediakan produk bermutu baik dengan harga kompetitif.
                     


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Study Tour Taman Safari Prigen