BUSINESS PRACTICE 4
HOW
TO ENTER MODERN MARKET
Kali ini saya akan membahas isi dari kuliah tamu perdana BP 4
yang berjudul “ HOW TO ENTER MODERN MARKET” Oleh : Bpk. Benaya Victorius Jaya. Ekonomi membutuhkan modal berupa waktu, tenaga, dan modal.Ada 4 fungsi terpenting dalam Bisnis Yaitu :
1. HRD (Human Resources Management), yang
memiliki banyak sekali tanggung jawab terhadap perusahaan untuk menjadikan
perusahaan tersebut solid dan sukses , dalam hal ini HRD berperan sebagai
penyedia tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan , karena dengan
adanya SDM yang memadai akan membuat sebuah perusahaan tersebut semakin maju
dan berkembang.
2. Finance, nah untuk yang satu ini kita tak
perlu membahasnya karena kita semua sudah tau bahwasannya untuk membuat sebuah
perusahaan yang besar dan solid selain SDM yang mumpuni tentunya pendanaan
perusahaan haruslah lancer tanpa kendala karena dengan terkendalanya dana maka
dapat menghambat pula kesuksesan perusahaan.
3. Marketing, menurut saya ini merupakan salah
satu fungsi yang sangat penting pada perusaan manufaktur karena fungsi ini yang
akan mempromosikan produk kita kepada konsumen tanpa adanya marketing yang baik
maka produk tidak aka banyak terjual yang akhirnya dapat menibulkan kerugiaan
perusahaan.
4. Produksi merupakan salah satu fungsi bisnis
yang sangat penting pada perusahaan manufaktur hal ini dikarenakan produksi
mengatur flow chart dari produksi itu sendiri dan juga mengatur kwalitas serta
kwantitas dari produksi , jadi dalam setiap produksi tidak boleh sembarangan
dalam meakukan produksi karena dapat menyebabkan over stock maupun unders
stock.
HOW TO ENTER MODERN MARKET ???
Modern Market sendiri mempunyai arti pasar
yang dibangun dan dikelola oleh Pemerintah, Swasta, atau Koperasi yang dalam
bentuknya berupa Pusat Perbelanjaan, seperti Mall, Plaza, dan Shopping Centre
serta sejenisnya dimana pengelolaannya dilaksanakan secara modern, dan
mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja dengan manajemen berada di satu
tangan, bermodal relatif kuat, dan dilengkapi label harga yang pasti.
Kategori Produk – Produk yang ada di
Modern Market :
1. Grocery (Kebutuhan Sehari – hari)
a. Beverages (
minuman )
b. Cleaning
( bahan pembersih )
c. Cosmetic
( kosmetik )
d. Dry
Groceries ( makanan )
e. Perishables
( makanan berpendingin )
Syarat Produk Grocery antara lain :
1) Memenuhi persyaratan
sebagai produk yang aman konsumsi sesuai peraturan pemerintah yang terkait,
misalnya PP no 69 tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan yang mewajibkan
makanan dalam kemasan untuk mencantumkan pada kemasan:
a. Nama
Produk
b. Berat
/ Volume
c. Kode
Depkes (MD, CD, ML, CL, SP)
d. Komposisi
e. Nama
Produsen
f. Tanggal
Kadaluarsa, dsb
2) Mematuhi peraturan dan
perundangan mengenai hak intelektual, perpajakan serta norma-norma hukum dan
sosial setempat.
3) Barcode pada kemasan,
tercetak maupun dikenakan kemudian.
2. Fresh ( Makanan Segar )
a. Salad bar ( makanan siap saji )
b. Fishery ( hasil laut dan budidaya air tawar )
c. Fruit dan vegetable ( buah dan sayuran )
d. Bakery ( roti )
e. Butchery ( hasil ternak )
3. Bazaar
a. DIY ( perlengkapan pertukangan dan peralatan
listrik )
b. Housekeeping ( perlengkapan rumah tangga )
c. Culture (Musik, Film, Buku
& Perlengkapan Kantor )
d. Leisure (Mainan, Tas & Alat
Olah Raga )
e. Gardening (Peralatan,
Perlengkapan Taman & Peliharaan )
f. Cars (Perlengkapan Mobil
& Motor )
Persyaratan Produk Bazaar antara lain :
1) Memiliki persyaratan
sebagai produk yang aman untuk digunakan sesuai dengan peraturan pemerintah
yang terkait . Contoh :
a. SNI
(Standar Nasional Indonesia) contoh. Peralatan listrik, selang gas
b. API
(American Petroleum Institute) contoh. minyak pelumas
c. IFPI
code & lulus sensor contoh : VCD, DVD, CD
d. PP
No. 69 thn 1999 tentang label yang tercantum dalam kemasan berbahasa Indonesia
2) Untuk produk plastik,
melamin, dll harus sesuai dengan ketentuan pemerintah (Sucofindo).
3) Pemasok menjamin bahwa
barang dengan kondisi baik.
4) Memberikan keterangan
teknik yang menggambarkan kemampuan sesungguhnya barang tersebut (berat, isi /
kapasitas produk).
5) Barang yang memiliki
kandungan bahan kimia harus sesuai dengan ketentuan pemerintah (contoh: parfum
mobil).
6) Seluruh barang harus
asli dan dijamin oleh para pemilik barang.
7) Pemasok wajib
memberikan garansi purna jual untuk barang-barang yang bersifat elektronik.
8) Mematuhi peraturan dan
perundangan mengenai hak intelektual, perpajakan serta norma-norma hukum dan
sosial setempat.
4. Appliance
(peralatan elektronik)
a. Big Household
(Peralatan Elektronik Rumah Tangga Utama )
b. Small Household
(Peralatan Elektronik Rumah Tangga Dapur/ Ruang Makan)
c. Photo, Cine Optical
(Camera, Peralatan Kantor, Jam, Telephone)
d. TV Video ( Tv dan Video)
e. Computers (computer dan notebook)
Persyaratan produk appliance antara lain
:
1) Memiliki persyaratan
sebagai produk yang aman untuk digunakan dan terdaftar di peraturan pemerintah
SNI (Standar Nasional Indonesia)
2) Pemasok wajib
memberikan garansi purna jual
3) Pemasok wajib memiliki
fasilitas pelayanan purna jual (service center)
4) Mematuhi peraturan dan
perundangan mengenai hak intelektual, perpajakan serta norma-norma hukum dan
sosial setempat
5) Memberikan keterangan
teknik pemasangan,penggunaan dan pemeliharaan (buku petunjuk penggunaan) dalam
Bahasa Indonesia.
5. Textile
a. Shoes
b. Permanent
c. Seasonal
d. Household
Linen
e. Personal
Accessories
Persyaratan
produk textile yaitu merek yang dipakai telah mempunyai hak
paten (Carvil,Executive,dll) atau tidak menjiplak merek yang sudah ada,
kualitas bahan dan jahitan baik, ukurannya memakai standar internasional.
Syarat
perdagangan (trading terms) adalah syarat-syarat dalamperjanjian kerjasama
antara Pemasok dan Toko Modern yang berhubungan dengan pemasokan
produk-produknya yang diperdagangkan dalam Toko Modern yang bersangkutan.
Modern
market dari Aspek Konsumen :
1. Memiliki
konsep
1) harga kompetitif,
2) suasana belanja yang nyaman,
3) pilihan produk yang lengkap.
2. Membantu
meningkatkan daya beli dan akses untuk produk berkualitas bagi konsumen dengan
menyediakan produk bermutu baik dengan harga kompetitif.




Komentar
Posting Komentar