Marketing Online (Web and Social Media Optimization) 

Marketing offline adalah pemasaran yang dilakukan serta menggunakan sarana fisik di dunia nyata seperti reklame,baliho/langsung berhadapan dengan pelanggan.
Marketing Online adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Online marketing identik dengan menawarkan meaqlaui berbagai media website ataupun social media.
Kenapa marketing yang efektif saat ini menggunakan media internet?
1.      Biaya lebih murah.
2.      Jangkauan lebih luas.
3.      Buka 24 jam.
Pengaruh perkembangan teknologi dan internet.
 1.   Berkurangnya peminat penyewaan DVD.
 2.      Berkurangnya pelanggan pada toko buku.
 3.      Berkurangnya peminat koran/surat kabar.
 4.      Operator sms mengalami kerugian.
 5.      Bekurangnya minat menulis, karena tergeser dengan budaya memoto.
Pentingnya edukasi produk/jasa yang akan anda tawarkan dengan tidak menerapkan hard selling. Setidaknya menerapkan 5 hal penting dalam marketing di media social:
 1.      Orang tahu bahwa Anda siap? (awareness)
 2.      Orang tahu Anda menjual apa? (association)
 3.      Orang percaya pada Anda karena anda memiliki nilai positif (perceived quality).
 4.      Orang puas dengan Anda? (satisfaction).
 5.      Orang bertransaksi dengan Anda serta merekomendasikan Anda ke orang lain? (loyality).
Optimasi Basic Video Youtube:
 1.      Gunakan tittle, Diskripsi, keyword/tag yang relevan dengan tujuan video anda.
 2.      Gunakan data riset untuk mendapatkan kata kunci yang pas untuk target produk/jasa anda.
 3.      Manfaatkan social media  untuk mendapatkan trafik pengunjung video youtube anda.
Jenis media sarana marketing online:
 1.      Blog/web.
 2.      Sosial media
SEO dibagi menjadi 2 Yaitu:
 1.      Seo Organik .
 2.      Seo Nonorganik
 Pengertian Search Engine Optimization (SEO)
Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan  kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencarian menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerj atau algoritma.
Suatu upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google.
Halaman website yang memiliki rangking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.
Adapun Manfaat dan keuntungan SEO bagi Sebuah Bisnis, antara lain:
  • Mendatangkan trafik potensial ke website
  • Meningkatkan Penjualan
  • Meningkatkn Daya Saing
  • Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
  • Kemampuan calon pembeli atau kosumen untuk mengenal maupun mengingat sebuah merek. Semakin terkenal sebuah merek maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar.Mendapatkan data customer anda dengan gratis.
  • Memanfaatkan form input layanan autoresponder untuk membangun email list customer.
Penerapan Search Engine Optimization (SEO)
Ada banyak cara untuk melakukan SEO Organik, yang pada intinya adalah mencari dukungan  (Backlink) dari website / blog lain yang membantu menyebarkan alamat website kita ( Anchor Text)
Mesin pencarian (Google) menerapkan sebuah Algoritma dalam menentukan website mana yang cocok untuk ditampilkan pada halaman pencarian user.
Penerapan Search Engine Optimization (SEO)
Standart Algoritma yang di inginkan mesin pencarian:
1.      Konten yang unik dan fresh
2.      Struktur web yang baik
3.      Backlink yang Relevan dan High Authority
SEO ON PAGE
Optimasi yang dilakukan dari dalam situs website. Serangkaian cara dalam menyusun isi dari halaman website:
·         Template/Theme Website
·         Judul Website
·         Meta Deskripsi
·         Heading Artikel
·         Keyword/Tag
·         Konten
·         Struktur URL
·         Page Speed
·         Outbound Link
SEO OFF PAGE
Optimisasi yang dilakukan dari luar situs website. Serangkaian cara membangun backlink, Memperbanyak Inbound link ( link dari situs web lain yang mengarah ke situs web anda), contoh sederhananya:
·         Iklan Gratis/Berbayar
·         Blog Walking/ Komentar
·         Social Bookmark
·         Article Share
·         Dummy Blog
·         Social Media
Cara dan penerapan setiap webmaster memiliki metode atau konsep yang berbeda-beda, Baik menggunakan bantuan tool maupun menggunakan cara yang alami.
Mesin  pencarian terus melakukan update algoritmanya, Tujuan utamanya adalah untuk memberikan hasil pencarian yang relevan dan akurat kepada user.
Riset dan Analisa informasi sebelum melakukan SEO
Mesin pencari Google merekam semua kegiatan yang dilakukan banyak pengunjung dalam bentuk informasi.
Sebelum melakukan SEO seorang webmaster wajib untuk melakukan riset dan mengolah informasi tersebut untuk mengoptimalkan hasil dari melakukan teknik SEO. Salah satu informasi yang diberikan masin pencarian adalah:
·         Minat seiiring waktu
·         Subwilayah
·         Keyword/kata kunci

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Study Tour Taman Safari Prigen